Postingan

Harapan dan Takut

Gambar
ROJA’ WAL KHOUF (nasihat dan hikmah#1)

Logika dan agama

AGAMA DAN LOGIKA (nasihat dan hikmah#2) Jika agama dilogikan, agama akan menjadi budak akal. - kenapa harus bekerja? Karena itu mencari nafkah dan dengannya bisa hidup, selain itu diperintahkan agama.  - jika tidak bekerja? Tidak bisa hidup. Agamanya yang salah.  Jika logika diagamakan, logika akan menjadi budak agama. - kenapa harus bekerja? Karena itu mencari nafkah dan dengannya bisa hidup, selain itu diperintahkan agama.  - jika tidak bekerja? Apakah yang tidak bekerja  bisa hidup tanpa bekerja? Bisa, karena dalam agama tidak semua harus menjadi pekerja.  (ronan al Gharuty)

Menyikapi Hadits dhoif dalam Kitab Ihya Ulumuddin

Gambar
Menyikapi Hadits dhoif dalam Kitab Ihya Ulumuddin Secara Proporsional   TIDAK   bisa dipungkiri bahwa beberapa ulama mengkritik kitab Ihya Ulumiddin karya Imam Al Ghazali, salah satunya adalah kritik seputar hadits-hadits yang termaktub dalam kitab masyhur tersebut. Diantara para pengkritik adalah adalah Al Hafidz Ibnu Al Jauzi yang menyatakan dalam kitab Al Ihya’ penuh dengan hadits-hadits maudhu’. (lihat, Talbis Iblis, hal. 160) Selain Ibnu Al Jauzi, ada Abu Walid Ath Thurthusi menyatakan bahwa Imam Al Ghazali memenuhi kitabnya dengan hadits-hadits maudhu’at. Hal yang hampir sama dikatakan oleh Al Maziri (Lihat, Thabaqat Asy Syafi’iyah Al Kubra, 6/241, 243). Jika menurut dua ulama di atas, bisa disimpulkan bahwa kitab Al Ihya dipenuhi dengan hadits-hadits maudhu’. Takhrij As Subki Namun selain para ulama di atas, ada pula para ulama yang melakukan kajian mendalam terhadap hadits-hadits Al Ihya, seperti At Taj As Subki. As Subki mengumpulkan ada lebih dari 900 hadits yang ia ...

4 Keteladanan Nabiyulloh Ibrahim AS

  Khutbah Iedul Adha 1443 H [ronan al Gharuty] Khutbah I   اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ. اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ. اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ  اَللهُ أَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً،  لَاإِلٰهَ إِلَّا اللهُ ولا نعبد الا اياه مخلصين له الدين ولو كره الكافرون ولو كره المشركون ولو كره المنافقون. لا اله وَحْدَهُ، صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَأَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ   الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله سيدين ومولنا وشفيعنا محمد ابن عبد الله وعلى أله وصحبه ومن تبعه ومن واله  أَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لا نبي بعده اللهم صلى على سيدنا محمد نبي الأمي وعلى اله وصحبه وبارك وسلم. قال الله تعالى في القرأن العظيم وهو اصدق القائلين، اعوذ بالله من الشيطان الرجيم بسم الله الرحمن الرحيم يا ايها الذين أمنوا اتقوا الله حق تقاته...

TAFAKKUR BIL ILMI

Gambar
 TAFAKKUR BIL ILMU Sampai sejauh mana kita berintropeksi akan ilmu?? Sebuah artikel ini mudah mudahan bisa mengingatkan kita akan ilmu 🙏🏻 "...Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat..." (QS. Al-Mujadilah [58]: 11) "Al-'Ilmu bila amalin kasysyajari bila tsamarin". Ilmu tanpa amal ibarat pohon tak berbuah. Demikian diungkapkan salah satu kalimat hikmah dalam bahasa Arab. Hemat penulis, ada dua makna yang terkandung dalam ungkapan hikmah tersebut: Pertama, seseorang yang memiliki ilmu, tetapi sikap dan perilakunya sama sekali tidak mencerminkan ilmunya, bahkan berbanding terbalik dari ilmu yang dimilikinya, maka ia termasuk orang yang berilmu tanpi minus amal. Orang yang demikian ini, bahkan sangat mungkin tidak mendapatkan hidayah dari ilmu yang dimilikinya tersebut.  Rasulullah saw mengecam keras orang-orang yang berilmu tetapi tidak bersikap dan berperilaku sesuai ilmu yang dimil...

"Tawadhu adalah obat kesombongan"

Gambar
 "Tawadhu adalah obat kesombongan"  Hai Sob, pernahkah kalian memperhatikan seseorang atau sebagian orang yang mempunyai kedudukan di tengah masyarakat baik karena gelarnya, kekayaannya, keturunannya, ataupun keahliannya yang mereka itu terkadang terlihat angkuh? Bisa dilihat dari bahasa verbal atau non verbal. Mungkin kebanyakan kali yah.     Kenapa demikian? Pemandangan yang tidak sedap dipandang bahkan dirasa.     Singkatnya gini sob, bahwa dalam dirinya masih ada ketidaksingkronan antara akal dan hatinya. Dengan kata lain, harusnya akal berfikir bahwa semakin tinggi derajatnya di hadapan manusia, maka semakin berbuat baik di hadapan manusia. Karena itu hatinya menjadi merendah (tawadhu).   Dalam bersikap/berakhlak terhadap manusia yang selevel, sekalipun di bawahnya dia akan terlihat indah dipandang. Selalu melebarkan senyuman dan perkataan yang begitu ramah dan sopan.   Filosofi orang tawadhu seperti "bintang yang jika disinari bayangannya na...

Kondisi Ruh yang sudah meninggal

Gambar
"Ruh yang meninggal melihat keluarga dan kerabatnya?" Berbicara tentang ruh menarik dibahas, sob. Kenapa? Mengenal siapa kita tentunya mengenal jasad dan ruh kita sendiri. Walaupun hal ini gaib, sob tetap aja kita harus mengimaninya. Hakikat kebenaran itu tentunya dipastikan akan kembali kepada yg Maha Benar dan Maha Ghaib yaitu Alloh Jalla Jalaaluh. Ruh tidak akan mati, sedangkan jasad akan mati. Ruh itulah yang menjalani proses perjalanan alam mulai dari alam ruh diciptakan sampe akhirat. Kadang kita-kita nih, jarang tahu. Bahwa Ruh yang meninggal tidak lantas terpisah, tidak ada kaitannya dengan siapa yang ditinggalkan di dunia. Misalnya gini, sob... Orang tua seseorang meninggal, setelah diurus jenazahnya sampe dikuburkan. Maka, sudah berbeda alam. Ruh yang sudah meninggal sudah ada di alam barzah dan tidak ada interaksi apapun dengan manusia yang ditinggalkannya. Nah, yang menjadi poin disini adalah ruh yang sudah meninggal dalam kitab kitab para ulama seperti al hafizh ...