Apa yang Bisa Saya Lakukan untuk Membangun Rasa Percaya Diri?

Apa yang Bisa Saya Lakukan untuk Membangun Rasa Percaya Diri?

Seperti yang telah ditunjukkan dalam artikel sebelumnya, harga diri Anda berasal dari keyakinan bawah sadar Anda tentang nilai pribadi Anda. Jika Anda ingin meningkatkan rasa percaya diri yang Anda butuhkan adalah mengubah keyakinan ini. Ini mungkin merasa seperti tugas yang mustahil, tetapi ada banyak cara yang berbeda yang dapat Anda lakukan. Beberapa teknik atau kegiatan yang mungkin berguna bisa Anda temukan dalam artikel ini.
 

Identifikasi keyakinan negatif Anda

Jika Anda ingin meningkatkan rasa percaya diri Anda, penting untuk memahami sedikit tentang keyakinan bawah sadar Anda dan dari mana mereka berasal. Ini bisa menjadi proses yang menyakitkan, sehingga sangat penting untuk meluangkan waktu Anda, dan mungkin meminta teman atau pasangan untuk mendukung Anda.
Mungkin beberapa pertanyaan berikut membantu untuk mengetahui sebenarnya apa yang ada di pikiran Anda:
  • Apakah yang Anda rasakan adalah kelemahan atau kegagalan?
  • Apakah Anda memikirkan bahwa  orang lain memikirkan hal-hal negatif tentang Anda?
  • Kapan Anda mulai merasa seperti ini?
  • Dapatkah Anda mengidentifikasi pengalaman atau peristiwa yang mungkin menyebabkan perasaan ini?
  • Apakah pikiran-pikiran negatif tertentu kambuh secara teratur?
Mungkin juga berguna untuk membuat catatan apa yang ada dalam benak Anda selama beberapa minggu. Tuliskan rincian situasi, bagaimana reaksi Anda dan keyakinan apa yang mendasari pikiran Anda. Sebagai contoh:

Situasi
Reaksi
Keyakinan
Diminta untuk menyampaikan presentasi di tempat kerja
Merasa sangat cemas, tapi mengatakan kepada bos itu baik-baik saja
Tidak seorang pun akan mau mendengarkan saya karena saya tidak terlibat
Saya diundang ke pesta

 
Berbohong dan berkata ada acara lain yang tidak bisa ditinggalkan

Saya tidak bisa berbuat sesuatu yang menarik ditempat pesta dan saya akan terlihat berpakaian bodoh
Saya melihat iklan pekerjaan yang Saya suka di koran
Saya marah dan merobeknya
Saya tidak cukup pintar untuk itu jenis pekerjaan atau seseorang akan menawari saya pekerjaan seperti yang sudah

Saat Anda mengidentifikasi apa yang menjadi keyakinan inti tentang diri Anda, dan di mana mereka berasal, Anda dapat mulai untuk menantang dan mengubah mereka. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah untuk menuliskan bukti untuk menantang setiap keyakinan dan mulai mengeksplorasi penjelasan lain dari sebuah situasi. Misalnya, jika Anda berpikir bahwa tidak ada seorang pun yang suka Anda, Anda dapat mulai untuk merekam situasi yang menunjukkan pola yang berbeda, misalnya:
  • Temanku kirim SMS ke saya pada hari ulang tahunku.
  • Adikku tidak menjawab panggilan saya, tetapi kemudian mengatakan kepada saya ia telah benar-benar sibuk di tempat kerja - ini bukan masalah pribadi.
  • Saya telah diminta untuk pergi ke seorang teman pernikahan musim panas mendatang.
    Saya punya percakapan yang benar-benar menarik dengan rekan saya selama coffee-break.
Ini mungkin merasa seperti contoh kecil, tetapi jika Anda benar-benar mengaplikasikannya Anda akan secara bertahap dari waktu ke waktu dapat melihat ke belakang dan menantang pendapat negatif pada pikiran Anda.

Ini adalah salah satu teknik untuk membantu Anda mulai melihat diri Anda melalui cara baru. Ada banyak kegiatan praktis lainnya yang dapat membantu Anda merasa baik tentang diri Anda.

Seorang terapis sekali membuat tugas pada saya seperti berikut: "setiap kali seseorang mengatakan sesuatu yang menyakiti Anda, Cobalah untuk menempatkan diri pada posisi mereka dan memikirkan alasan mengapa mereka mengatakan itu". Sarannya benar-benar membantu.

Dengan mencoba sesuatu yang baru atau mengubah rutinitas Anda, pandangan Anda tentang diri sendiri akan mulai bergeser. Ini akan meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri Anda dan membantu Anda untuk memutus siklus keyakinan negatif Anda.
Latihan berpikir positif

Ada banyak teknik yang dapat membantu Anda untuk berpikir lebih positif tentang diri Anda. Latihan sederhana ini adalah salah satu contoh:

Buatlah daftar beberapa hal yang Anda sukai tentang diri Anda, Anda mungkin termasuk:
  • hal tentang cara Anda melihat, misalnya: saya memiliki senyum yang bagus
  • karakteristik Anda, misalnya: saya sabar
  • hal yang Anda lakukan, misalnya: saya memberikan uang untuk amal
  • keterampilan yang Anda miliki, misalnya: saya penyelenggara kegiatan sosial.
Luangkan waktu Anda dan catat sekitar 50 hal-hal yang Anda sukai tentang diri Anda, tidak masalah kalau Anda perlu waktu beberapa minggu. Simpanlah daftar ini. Jika Anda khawatir tentang suatu peristiwa yang akan datang, seperti wawancara kerja, luangkan waktu untuk membaca seluruh daftar dan menunjukkan diri bahwa Anda memiliki banyak hal yang lebih.
 

Membuat tantangan

Buatlah tangtangan untuk Anda sendiri. Mulailah dengan sesuatu yang relatif kecil, tetapi yang masih memiliki arti bagi Anda. Sebagai contoh, Anda mungkin memutuskan menulis komentar pada blog yang menarik bagi Anda. Beritahu seseorang tentang tantangan yangbtelah Anda lakukan, ketika Anda telah mencapai hal itu, maka Anda akan menerima pujian mereka. Kemudian tentukan sendiri tantangan lain sedikit lebih sulit, misalnya bergabung dalam kegiatan yang Anda tertarik.
 

Bersikap tegas

Menjadi tegas tidak berarti Anda harus agresif atau mempersulit, tetapi tegas berarti Anda mengatur dengan batas-batas yang jelas. Ini berarti Anda menghargai diri sendiri dan orang lain, dan dapat berkomunikasi dengan saling menghormati.

Untuk berperilaku dalam cara yang tegas Anda harus mencoba untuk menjaga bahasa tubuh Anda terbuka dan percaya diri, dan mencoba untuk mengungkapkan perasaan Anda jika Anda telah marah. Anda perlu belajar untuk mulai mengatakan 'tidak' untuk permintaan yang tidak masuk akal, atau memberitahu orang-orang bahwa Anda membutuhkan lebih banyak waktu atau dukungan untuk menghadapi tugas-tugas yang menantang.

 
Teman dan keluarga

Jika Anda memiliki kepercayaan yang rendah mungkin ada orang yang dekat dengan Anda yang mendorong keyakinan negatif dan opini yang Anda pegang. Hal ini penting untuk mengidentifikasi orang-orang tersebut dan mengambil tindakan untuk menghentikan mereka melakukan hal ini, mungkin dengan menjadi lebih tegas (lihat di atas) atau dengan membatasi pergaulan dengan mereka. Cobalah untuk bergaul dengan orang-orang yang tidak akan mengkritik Anda, dan Anda merasa mampu untuk berbicara tentang perasaan Anda.
Bekerja

Pekerjaan dapat memberikan identitas, persahabatan, rutinitas, stabil dan gaji. Beberapa orang dalam lingkungan berkembang sibuk dan menikmati bekerja dengan target ambisius, orang lain melihat pekerjaan mereka sebagai alat untuk mencapai tujuan. Di mana pun Anda berada, adalah penting untuk menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kegiatan rumah Anda.
 

Hobi

Hal ini bisa berupa pergi ketempat fitness, main musik dan mendaki. Pikirkan tentang di mana Anda merasa memiliki beberapa kemampuan alami, atau hal-hal yang Anda selalu ingin mencobanya. Cobalah untuk memulai dengan kegiatan yang tidak akan menantang Anda terlalu banyak sehingga Anda dapat merasa telah mencapai sesuatu dan memiliki kesempatan untuk membangun rasa percaya diri Anda.
 

Olah raga teratur

Aktifitas fisik adalah baik untuk kesehatan mental, olahraga mampu meningkatkan citra masyarakat terhadap diri mereka sendiri dan rasa kesejahteraan. Apakah Anda lebih suka berjalan santai atau olahraga yang lebih aktif, Anda akan  selalu merasa lebih baik karena telah melakukan olahraga.
 

Cukup tidur

Jika Anda mengalami kesulitan tidur, ini dapat memiliki dampak serius pada bagaimana Anda merasa tentang segala sesuatu. Perasaan negatif cenderung dibesar-besarkan dan Anda mungkin menemukan lebih mudah marah dan kurang percaya diri.
 

Diet

Makan sehat memiliki dampak positif pada kesehatan fisik dan mental Anda. Diet yang seimbang akan membantu Anda merasa lebih sehat dan bahagia.
 

Meditasi

Meditasi adalah teknik memusatkan pikiran. Teknik meditasi telah membantu banyak orang menjadi lebih sadar akan pikiran dan perasaan mereka, dan lebih mudah untuk mengelolanya. Ada cara terbaru yang kami tawarkan untuk meditasi menambah percaya diri ini, silakan klik: Meningkatkan Percaya Diri - Mengatasi Rasa Malu, Takut, Minder dan Kecemasan.
 

10 tips agar tetap percaya diri

Sepuluh tips ini  adalah ringkasan  beberapa teknik yang baru saja kita bahas, dan dapat Anda gunakan sebagai rujukan sepanjang hari untuk menjaga rasa percaya diri Anda:
  1. Berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain.
  2. Jangan menempatkan diri ke bawah.
  3. Membiasakan berpikir dan mengatakan hal-hal positif tentang diri sendiri.
  4. Menerima pujian.
  5. Gunakan media seperti buku dan website untuk membantu mengubah keyakinan Anda.
  6. Menghabiskan waktu dengan orang-orang yang mendukung positif.
  7. Akui kualitas positif Anda dan hal yang Anda kuasai.
  8. Bersikap tegas, tidak memberikan kesempatan orang lain memperlakukan Anda dengan kurangnya rasa hormat.
  9. Membantu dan perhatian kepada orang lain.
  10. Terlibat dalam pekerjaan dan hobi yang Anda nikmati.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Sifat, Sikap dan Karakter

Bahasan Qolbu

Meningkatnya Level of Consciousness atau Tingkat Kesadaran