7 Metode Mendapatkan Rasa Percaya Diri

7 Metode Mendapatkan Rasa Percaya Diri
Suasana hati yang naik turun, suatu saat menjatuhkan mental kita, sehingga rasa percaya diri menjadi goyah. Seberapa hebat seseorang tidak bisa di pungkiri pernah kehilangan rasa percaya dirinya dan merasakan cemas, gelisah, grogi, takut dan minder.
Bahkan adakalanya setelah kehilangan rasa percaya diri agak kesulitan juga untuk kembali bangkit. Di dini ada "trik" dan tips untuk rasa percaya diri kembali dengan cepat saat di butuhkan. Ada tujuh langkah yang mudah untuk di praktekkan.

1. Atur Posisi Tubuh. Sikap duduk, berdiri dan posisi tubuh lainnya sangat mempengaruhi suasana hati. seseorang yang sedang stres maka posisi tubuhnya akan condong. Begitu juga tangan mengepal menjadikan seseorang penuh emosi. Jadi, mengatur tubuh pada posisi tertentu bisa menjadikan Anda percaya diri. Coba posisikan tubuh tegap dan simetris (tidak condong dan tidak membungkuk), ini sangat membantu mengembalikan percaya diri anda. Lebih dari itu, posisi tubuh memberikan pesan pada orang-orang di sekeliling Anda, mereka memberi tanggapan positif pada Anda dan tentu saja ini akan memperbesar rasa percaya diri Anda sendiri.

2. Bergaulah dengan Orang-Orang Yang Memiliki Rasa Percaya Diri dan Berpikiran Positif - Lingkungan membawa pengaruh besar pada seseorang. kekutan negatif sangat kuat, satu orang berfikir negatif bisamempengaruhi 9 temannya yang berfikir positif ikut negatif.  Jika Anda terus menerus berbaur dengan orang yang memiliki rasa rendah diri, pengeluh dan pesimis, percaya diri Anda akan goyang dan pikiran Anda penuh dengan ketidakpastian sikap, secara perlahan dan mungkin tanpa Anda sadari, pikiran Anda akan mengikuti teman-teman Anda. Sebaliknya, jika Anda dikelilingi orang-orang yang penuh kebahagiaan dan percaya diri, maka akan tercipta pula atmosfir positif yang membawa keuntungan bagi diri Anda.

3. Ingat Kembali Saat Anda Merasa Percaya Diri - Percaya diri adalah sebuah perasaan, dan jika Anda pernah merasakannya sekali, tak mustahil untuk merasakannya lagi. Mengingat kembali pada saat dimana Anda merasa percaya diri dan terkontrol akan membuat Anda mengalami lagi perasaan itu dan membantu meletakan kerangka rasa percaya diri itu dalam pikiran. Jadi, perlu juga Anda melakukan aktivitas yang tidak biasa, atau mngunjungi ketempat yang belum pernah Anda kunjungi, dan ciptakan rasa percaya diri pada saat-saat itu. Ini akan mempermudah Anda mengingatnya suatu saat anda memerlukan tips ini.

4. Latihan - Ada banyak cara latihan untuk memjadikan Anda percaya diri. Intinya anda harus bisa membawa pikiran terkendali dan rileks. Zikir, wirid, doa, meditasi melakukan ibadah dan ajaran agama dengan benar sangat membantu  Anda mendapatkan rasa percaya diri. Ada juga metode dengan Terapi Gelombang Otak, terapi ini bertujuan mengakses otak bawah sadar dan memberi sugesti pada diri Anda sendiri.

5. Kenali Diri Sendiri - Anda mempunyai batasan kemampuan, suatu saat Anda beradapada puncak batas kemampuan dan Anda merasa kehilangan rasa percaya diri. Ketika Anda dalam posisi ini, jangan menyerah, tiada usaha yang sia-sia, ketika Anda merasakan hilangnya percaya diri, itu adalah biasa, banyak orang seperti Anda ketika dalam posisi seperti itu. Yang tidak biasa adalah Anda melakukan usaha dengan kemampuan diri Anda untuk keluar dari tekanan itu. Anda di ciptakan Tuhan sebagai mahluk yang berakal, Anda adalah ciptaanNya yang paling sempurna.

6. Jangan Terlalu Keras Pada Diri Sendiri - Jangan terlalu mengkritik diri sendiri, jadilah sahabat terbaik bagi diri Anda. Ketika Anda merasa kehilangan rasa percaya diri, jangan memaksa dan menekan diri Anda, ini akan memperburuk keadaan, tapi carilah permasalahan yang menjadikan Anda kehilangan percaya diri, biasakan dengan masalah itu dan tanpa terasa Anda menemukan rasa percaya diri.

7. Jangan Takut Mengambil Resiko - Jika Anda seorang pengambil resiko, Anda pasti akan temukan kalau tindakan ini mampu membuahkan rasa percaya diri. Tindakan ini juga berfungsi bagus untuk mengurangi rasa takut Anda akan ha-hal yang tak Anda ketahui, plus bisa membangkitkan rasa percaya diri yang luar biasa.

Lebih dari segalanya, selalu ingatlah bahwa Anda memiliki bakat dan kemampuan. Pastikan Anda selalu melakukan yang terbaik untuk semua itu dan inilah yang akan jadi batu loncatan terbaik untuk membangun rasa percaya diri yang tak tergoyahkan. Ingatlah tidak ada usaha yang sia-sia, ketika Anda belum mencapai apa yang Anda harapkan, maka yang perlu Anda lakukan adlah mengulang dan mengulang usaha Anda. Ketika Anda merasa kesulitan, maka ingatlah, orang lain juga merasakan itu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Sifat, Sikap dan Karakter

Meningkatnya Level of Consciousness atau Tingkat Kesadaran

Makna dan Hakikat "Hidayah-Taufiq"